Recent Posts

Senin, 15 Desember 2014

PENGERTIAN, KONSEP DASAR, DAN FUNGSI MANAJEMEN

Kata Manajemen berasal dari bahasa Prancis kuno management, yang artinya seni melaksanakan dan mengatur.


PENGERTIAN MANAJEMEN MENURUT PARA AHLI : 
1. George R Terry mendefinisikan manajemen dalam bukunya Principles of Management yaitu “ Suatu proses yang membedakan atas perencanaan pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan dengan memanfaatkan baik ilmu maupun seni demi mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya”. 
2. Millet (1954) ”management is the process of directing and fasilitating the work of people organized informal group to achieve a desire goal” (manajemen adalah proses memimpin dan melancarkan pekerjaan dari orang-orang yang terorgasisir secara formal sebagai kelompok untuk memperoleh tujuan yang diinginkan."
3. Hilman "Manajemen adalah fungsi untuk mencapai sesuatu melalui kegiatan orang lain dan mengawasi usaha- usaha individu untuk mencapai tujuan yang sama." menurut pendapat saya sendiri manajemen adalah suatu kegiatan yang di dalamnya memiliki fungsi planning, organizing, actuating, dan controling agar tercapainya tujuan bersama dalam organisasi tersebut."


KONSEP DASAR MANAJEMEN 
1. Manajemen Sebagai ilmu 
Suatu bidang Ilmu Pengetahuan (science) yang berusaha secara sistematis untuk memahami mengapa dan bagaimana manusia bekerja bersama untuk mencapai tujuan dan membuat sistem kerjasama ini bermanfaat bagi kemanusiaan. 

2. Manajemen Sebagai Seni
Manajemen adalah seni untuk mencapai hasil yang maksimal dengan usaha yang minimal, demikian pula mencapai kesejahteraan dan kebahagiaan maksimal bagi pimpinan maupun pekerja serta memberikan pelayanan yang sebaik mungkin kepada masyarakat. 
saya pernah mendengar contoh manajemen sebagai seni dari dosen saya seperti ini setiap pemimpin (leader) memiliki ciri khas masing-masing dalam mengatur organisasinya. cara dia menyampaikan gagasan, memandang suatu permasalahan, memecahkan masalah yang di hadapai dan lain-lain. itulah yang dimaksud manajemen sebagai seni. 

3. Manajemen Sebagai Profesi 
Manajemen sebagai Profesi merupakan suatu bidang pekerjaan yang dilakukan oleh orang-orang yang memiliki keahlian dan ketrampilan sebagai kader, pemimpin atau manajer pada suatu organisasi atau perusahaan tertentu. 

4. Manajemen sebagai Proses 
Manajemen adalah proses yang khas terdiri dari tindakan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian dimana dalam masing2 bidang tersebut digunakan ilmu pengetahuan & keahlian yang diikuti secara berurutan dalam usaha mencapai sasaran & tujuan yang telah ditetapkan. 


FUNGSI MANAJEMEN 
Fungsi manajemen adalah elemen- elemen dasar yang akan selalu ada dan melekat di dalam proses manajemen yang akan dijadikan acuan oleh manajer dalam melaksanakan kegiatan untuk mencapai tujuan. 
Menurut George R Terry ada 4 fungsi utama dalam manajemen yang biasa disingkat POAC (yang paling tenar) : 
1)Planning (Perencanaan) 
2)Organizing (Pengorganisasian) 
3)Actuating/Directing (Pengarahan) 
4)Controlling (Pengawasan) 


1) Planning (perencanaan) 
Setiap organisasi atau perusahaan pasti memiliki tujuan bersama yang ingin dicapai. nah perencanaan ini ialah langkah awal untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Merencanakan berarti mempersiapkan segala kebutuhan, memperhitungkan matang-matang apa saja yang menjadi kendala, dan merumuskan bentuk pelaksanaan kegiatan yang bermaksud untuk mencapai tujuan. dalam membuat perencanaan kita harus memiliki perencanaan cadangan. hal itu dilakukan untuk mengantisipasi hambatan yang mungkin terjadi di masa yang akan datang. 

Kegiatan dalam fungsi perencanaan : 
- Menetapkan tujuan dan target bisnis. 
- Merumuskan strategi untuk mencapai tujuan dan target bisnis tersebut. 
- Menentukan sumber-sumber daya yang diperlukan. 
- Menetapkan standar/indikator keberhasilan dalam pencapaian tujuan dan target bisnis. 


2) Organization (pengorganisasian) 
organization (pengorganisasian) yaitu sebagai cara untuk mengumpulkan orang-orang dan menempatkan mereka menurut kemampuan dan keahliannya dalam pekerjaan yang sudah direncanakan. Pengorganisasian ini menyangkut bagaimana strategi dan taktik yang telah dirumuskan dalam perencanaan didesain dalam sebuah struktur organisasi yang tepat dan tangguh, sistem dan lingkungan organisasi yang kondusif, dan dapat memastikan bahwa semua pihak dalam organisasi dapat bekerja secara efektif dan efisien guna pencapaian tujuan organisasi.

Kegiatan dalam fungsi pengorganisasian : 
- Mengalokasikan sumber daya, merumuskan dan menetapkan tugas, dan menetapkan prosedur yang diperlukan. 
- Menetapkan struktur organisasi yang menunjukkan adanya garis kewenangan dan tanggung jawab. 
- Kegiatan perekrutan, penyeleksian, pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia/tenaga kerja. 
- Kegiatan penempatan sumber daya manusia pada posisi yang paling tepat. 


3) Actuating/Directing (pengarahan) 
actuating (pengarahan) yaitu untuk menggerakan organisasi agar berjalan sesuai dengan pembagian kerja masing-masing serta menggerakan seluruh sumber daya yang ada dalam organisasi agar pekerjaan atau kegiatan yang dilakukan bisa berjalan sesuai rencana dan bisa mencapai tujuan. 

Kegiatan dalam fungsi pengarahan: 
- Mengimplementasikan proses kepemimpinan, pembimbingan, dan pemberian motivasi kepada tenaga kerja agar dapat bekerja secara efektif dan efisien dalam pencapaian tujuan. - Memberikan tugas dan penjelasan rutin mengenai pekerjaan.
- Menjelaskan kebijakan yang ditetapkan. 


4) Controlling (Pengawasan) 
controlling (pengawasan) yaitu untuk mengawasi apakah gerakan dari organisasi ini sudah sesuai dengan rencana atau belum. Serta mengawasi penggunaan sumber daya dalam organisasi agar bisa terpakai secara efektif dan efisien tanpa ada yang melenceng dari rencana. 
Kegiatan dalam fungsi pengawasan : 
- Mengevaluasi keberhasilan dalam pencapaian tujuan dan target bisnis sesuai dengan indikator yang telah ditetapkan. 
- Mengambil langkah klarifikasi dan koreksi atas penyimpangan yang mungkin ditemukan. 
- Melakukan berbagai alternatif solusi atas berbagai masalah yang terkait dengan pencapaian tujuan dan target bisnis. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Designed ByBlogger Templates